PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB )SMK PELITA BANGSA SUMBERLAWANG TAHUN AJARAN 2024/2025

ARTI SUMPAH PEMUDA , PELAJAR WAJIB TAU

 


Sumpah Pemuda adalah sebuah peristiwa penting dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda memiliki makna dan arti yang begitu penting bagi bangsa Indonesia. 

  • Menyatukan Perjuangan Bangsa Indonesia

Sumpah Pemuda menjadi titik awal perjuangan anak muda. Kala itu, pemuda dan pemudi rela mengorbankan waktu, tenaga, pikiran moral bahkan harta benda demi menyatukan bangsa Indonesia. Tanpa Sumpah Pemuda dan perjuangan mereka Indonesia bisa saja tak mencapai kesatuan dan tak berhasil melawan penjajah.

  • Memperkuat Semangat Persatuan Nasional

Sumpah Pemuda merupakan manifestasi atau perwujudan semangat persatuan nasional yang mendorong tercapainya kemerdekaan bangsa. Sumpah Pemuda menjadi sarana untuk mempersatukan seluruh organisasi kepemudaan dan para pemuda Indonesia, yang awalnya bercorak kedaerahan menjadi berjiwa nasionalis.

  • Menumbuhkan Kesadaran Seluruh Rakyat Indonesia sebagai Bangsa yang Satu

Dengan Sumpah Pemuda, perjuangan rakyat Indonesia tidak lagi bersifat kedaerahan, melainkan sudah menjadi kesatuan yang kuat. Sebelumnya, organisasi pemuda berasal dari daerah yang berbeda-beda bahasa, agama, suku bangsa, adat istiadat, dan budaya.

  • Mencerminkan Rasa Cinta Pada Tanah Air dan Bangsa

Sumpah Pemuda merupakan kebulatan tekad yang mencerminkan rasa cinta pada pemuda kepada tanah air dan bangsanya. Dalam rumusan Sumpah Pemuda, terdapat tiga ikrar yang menyatakan bahwa para pemuda Indonesia bertumpah darah yang satu, berbangsa yang satu, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.